Travel log : Gunung PAPANDAYAN (2.622 mdpl)

09.00
Departed Cicaheum to Garut. Naek elf jurusan Cikajang. Pendakian kali ini anggota tim nya berenam, 4 cowok 2 cewek. Ongkos elf harusnya 10-15 rebu, tapi kita ditipu kenek nya jadi harus bayar 17rebu sampe cisurupan.

01.30
Nyampe Cisurupan. Sebaiknya emang dari Bandung naek bis sampe terminal Garut, dilanjut naek elf atau angkot warna putih-biru ke Cisurupan. Lebih hemat duit dan waktu. Nyampe di Cisurupan, makan siang, solat.
02.00
Goes to BKSDA PAPANDAYAN, naek omprengan colt buntung. Seorang bayar 12rebu, normalnya sih 10rebu, tapi semakin sedikit orang yang naek emang bakal semakin mahal bayar mobilnya. Bahkan kalo Cuma seorang/dua orang harus naek ojeg 20rebu.

02.30
Nyampe gerbang papandayan. Daftar mendaki, bayar iuran sukarela dan karcis masuk 2rebu seorang.
Start trekking dari gerbang, tujuannya camp pondok salada, rute nya: kawah berbatu dan berasap dan berbau – susur jurang – hutan kecil – pondok salada.

03.00
Beres bagian kawah, masuk ke jalur susur jurang dan sempet juga sebrangin sungai kecil. Mulai menanjak sekitar 30 derajat.

03.30
Sampe di pertigaan pondok salada. Pilih BELOK KIRI, jalurnya menanjak menyusuri jurang sampe nemu hutan kecil lagi.

04.00
Pondok salada. Karena lapangannya cukup luas, maka banyak spot buat diriin camp yang baik. Pilih yang dilindungi pohon-pohon. Angin malam di pondok salada bisa cukup kencang sampe susah bikin api.

05.30
Camp berdiri. Karena Cuma bawa satu tenda dan perempuan diprioritaskan jadi kita juga diriin bivak buat tidur lelaki dewasa… J
Banyak nya pohon membantu sekali dalam bikin bivak pake ponco dan matras.

06.00
Makan malam. Ambil air ke sumber air, sumber air pondok salada adalah selang air bocor, bisa dipake bikin air minum dan wudhu. Hati-hati dengan kabut pondok salada, puti dan pekat bisa membuat nyasar pas kembali ke tenda, senter menjadi tidak berguna karena jarak pandang benar-benar menjadi sangat pendek.

07.00
Solat , istirahat, bikin kopi. Angin mulai kencang, tidur di bivak adalah pilihan yang kurang baik sebenarnya. Beberapa kali kabut turun,untungnya gak sampe hujan.


08.00
Tidur

05.00
Bangun, solat subuh di lapangan.

05.30
Bikin sarapan, orienting trek ke puncak. Satu yang menarik dari papandayan adalah puncaknya tidak jelas yang mana. Beberapa pendaki lain yang kami tanya juga tidak tahu puncaknya yang mana, titik 2.622 itu gak ada yang tahu, semua orang Cuma tahu TEGAL ALUN. Beberapa pendaki juga mencoba mencari dengan trekking lebih jauh dari tegal alun, tapi mereka hanya nemu trek buntu ke jurang.
Beres-beres barang, kita rencananya bakal ke tegal alun tanpa membawa carrier dan peralatan camp.

07.00
Start trekking ke tegal alun. Awalnya trek berupa hutan homogen yang cukup rapat, jalur trek tersamarkan daun-daun kering yang jatuh. Setelah sekitar 20 menit menyusuri hutan dengan tingkat elevasi 30-45 derajat, berikutnya trek berubah menjadi rock climbing dengan elevasi 80-90 derajat. Jalur rock climbing sebenarnya jalur air dari tegal alun ke bawah bukit, akan sangat berbahaya jika sampe turun hujan. 10 menit setelah jalur berbatu yang tegak lurus akhirnya satu-dua rimbun edelweis mulai menyambut.

08.30
TEGAL ALUN! Padang edelweis di ketinggian +2600. Edelweis di tegal alun banyak dan berimbun, dikelilingi hutan dan tebing menuju puncak-puncak papandayan.
Minum coklat panas dan makan cemilan di tengah-tengah edelweis, piknik yang sangat keren. Perjuangan memanjat batu-batu besar cukup terbayar. Setengah jam di tegal alun, kabut tiada menampakan niat akan pergi, jadi kamilah yang harus pergi duluan dari tegal alun.

09.30
View dari jalur air berbatu tegal alun sangat bagus. Dari kemiringan lereng kita bisa liat pondok salada dan bukit-bukit yang longsor karena gempa saat papandayan meletus dari jauh.

10.00
Sampe camp lagi. Bongkar tenda dan packing kembali buat siap-siap pulang.

10.30
Start trekking pulang. Rute pulang sama dengan rute berangkat.

11.15
Sampe ke sungai kecil. Cuci muka dan maen air. Airnya jernih dan dingin menusuk tulang.

12.00
Sampe ke gerbang papandayan. Daftar kepulangan, solat, buang sampah. Di pos BKSDA papandayan ini disediain bak sampah gede.


12.45
Pulang naek omprengan bareng rombongan pendaki enhaii, karena banyak orang ongkos mobilnya jadi 10rebu perorang.

13.30
Nyampe cisurupan. Istirahat, belanja makan.

14.00
Pulang ke terminal Garut naek angkot, ongkos 5rebu seorang.

15.00
Pulang ke Bandung naek bis mios jurusan Cicaheum.

18.00
Sampe Bandung.

Short URL for this post: http://tmblr.co/ZAsipxMM6e-B